PERTANYAAN DUDI

SOAL!!!


  1. Apa itu HUB,ROUTER,SWITCH? jelaskan dan beri pengertianya.
  2. Jelaskan tentang layer OSI!
  3. Apa saja yang sudah kamu pelajari tentang NETWORKING disekolah ??
  4. Apa yang ingin kamu pelajari di tempat PRAKERIN ?
  • JAWAB : 
  1. SWITCH
  2. Switch adalah perangkat jaringan komputer yang bekerja di OSI Layer 2, Data Link Layer. Switch kerjanya sebagai penyambung atau concentrator dalam Jaringan komputer. Switch mengenal MAC Adressing shingga dia bisa memilah paket data mana yang akan di teruskan/dilanjutkan ke mana.











Hub
Sama seperti switch, tetapi perbedaannya adalah hub tidak memiliki faslitas routing. Sehingga semua informasi yang datang akan dikirimkan ke semua komputer (broadcast).

Hub adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuahcentral connection point untuk komputer pada network. Fungsi dasaryang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu komputer danmentransmisikannya ke komputer yang lain.Sebuah hub bisa active atau passive. Active hub bertindak sebagairepeater; ia meregenerasi dan mengirimkan sinyal yangdiperkuat. Passive hub hanya bertindak sebagai kotak sambungan; iamembagi/memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruhnetwork.Hub adalah central utnuk topologi star dan mengijinkan komputer untukditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah.Kapabilitas yang disediakan hub central utnuk topologi star dan mengijinkan computer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah.
  • ROUTER 
Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, alat ini sangatlah penting untuk meneruskan jaringan satu ke jaringan lainnya yang berbeda kelas/subnet/ip. melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
2. PENGERTIAN OSI LAYER
OSI merupakan kepanjangan dari Open System Interconnection Di tahun 1984 ISO (Internasional Standarizaation organization) mengeluarkan solusi untuk memberikan standarisasi kompabilitas jaringan-jaringan sehingga tidak membatasi komunikasi antar produk maupun teknologi dari vendor yang berbeda. Dan faktanya OSI merupakan referensi yang telah digunakan mereka dan disederhanakan / dipersempit menjadi TCP/IP model yang akan kita bicarakan lebih lanjut 


(gambar : roseindia.net)

7. Application, layer yang mendefinisikan pelayanan komunikasi jaringan dalam bentuk aplikasi seperti : Telnet, FTP, HTTP, SMTP, SNMP, SSH 

6. Presentation, layer yang mendefinisikan format data seperti ASCII, HTML, JPG dan lainnya yang dikirimkan ke jaringan yang dapat dimanipulasi sehingga bisa di mengerti oleh penerima / kita contohnya anda menerima email tapi tidak bisa tertampil secara sempurna karena ada format yang tidak dikenali. Hal ini merupakan kegagalan dari layer presentasi

5. Session, layer yang mendefinisikan bagaimana memulai mengontrol dan menghentikan sebuah conversation/komunikasi antar mesin, contohnya kalo kita ambil uang di mesin ATM dari memasukan pin sampai dengan mengambil uang yang sebelumnya mesin berkomunikasi dengan server dahulu tentang saldo rekening anda dan jumlah yang anda minta. Dalam Session kita bisa menjumpai SQL, NFS, RPC dan lain-lainnya

4.Transport, layer yang mendefinisikan managemen dari virtual circuit antar host dalam jaringan yang mengandung rangkain protocol dan permasalahan transprotasi data. Dilayer ini mengatur arus koneksi dan pengendalian error dalam proses pengiriman paket data seperti TCP, UDP dan SPX

3. Network, layer yang mendefinisikan akhir pengiriman paket data dimana computer mengidentifikasi logical address sepert IP Adreses bagaimana menuruskan / routing (oleh router) untuk siapa pengiriman paket data.Layer ini juga mendefinisikan fragmentasi dari sebuah paket dengan ukuran unit yang lebih kecil. Router adalah contoh yang tepat dari definisi layer ini.

2. Data Link, layer ini lebih menspesifikan pada bagaimana paket data didistribusikan / ditransfer data melalui media particular, atau lebih yang kita kenal seperti Ethernet, hub dan switches

1. Physical, Layer terendah ini mendefinisikan media fisik dari transmisi paket data dimana protocol digunakan seperti Ethernet pinout, Kabel UTP (RJ45, RJ48 dsb) kita bisa perkirakan layer ini tentang kabel dan konektornya.
[edit] Contoh praktis OSI Model.
 – Dalam membahas jaringan komputer, memang terlihat bahwa yang sering dianggap sebagai dasarnya adalah topologi jaringan itu sendiri. Memang benar, topologi jaringan menggambarkan bagaimana sebuah jaringan tersusun dan memperlihatkan aliran lalulintas data yang terjadi dari sebuah jaringan komputer.
5 Hal Dasar dari Jaringan Komputer (Networking) yang Penting Untuk Diketahui
Namun tanpa mengesampingkan peran topologi, ternyata masih ada unsur yang terbilang lebih mendasar dari sebuah jaringan. Kelima dasar ini bisa dibilang jauh lebih mendasar ketimbang sebuah topologi. Mengapa demikian? karena tanpa adanya 5 hal ini, tidak mungkin sebuah komputer bisa saling terhubung satu sama lain.
Berikut adalah 5 hal dasar dan sangat penting dalam membangun sebuah jaringan komputer
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
1. Interfaces Jaringan 
Setiap device yang akan terhubung ke dalam sebuah jaringan haruslah memiliki interfaces. Dalam komputer terdapat NIC (network interface card) sebagai interface yang digunakan untuk saling terhubung dengan jaringan. Selain komputer perangkat lain juga memakai NIc agar bisa terhubung ke sebuah jaringan, seperti halnya HUB, Switch, Router, dan Lain-lain.  Beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam memilih NIC yaitu:
  • Jenis slot
  • Kecepatan tertinggi sebuah NIC adalah 1000 Megabit per detik
  • Kompatibilitas
2. Media Transmisi 
Media transmisi adalah sebuah alat yang menjadi penghubung antara komputer satu dengan komputer lain atau komputer dengan perangkat jaringan lain (hub, switch, router, dll) dalam sebuah jaringan komputer.Saat ini ada dua media transmisi yang biasa digunakan, yaitu kabel dan nirkabel (wireless). Beberapa jenis kabel yang sering digunakan untuk membentuk sebuah jaringan diantaranya adalah UTP, STP, Coaxial, dan Fiber Optik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait penggunaan media kabel adalah:
 
  • Kecepatan transfer
  • Panjang maksimum agar sanggup menghantarkan data
  • Jenis konektor yang digunakan (beda kabel, beda konektor)
3. Network Operating System, disingkat NOS 
Network Operating System juga memiliki peranan yang sangat penting. NOS ini dikembangakandan dipakai untuk menunjang kinerja dari jaringan komputer. termasuk juga sebagai pendukung system keamanan, sharing, dan juga client server. Beberapa sistem operasi yang biasa digunakan untuk jaringan adalah Linux (biasa digunakan untuk server), MikroTik RouterOS (sistem operasi ini dikhususkan untuk router) windows server (2003, 2008, 2012), dan Windows Client (XP, Vista, 7, 8, 8.1)
4. Network Device (Perangkat pendukung jaringan)
Network device adalah peralatan yang digunankan dalam networking sebagai penunjang system jaringan. Contoh network divice adalah switch, Hub, repeater, router dan modem.
5. Network protocol 
 Network protocol adalah aturan-aturan yang diberlakukan terntang bagaimana setiap komponen dalam sebuah jaringan komputer harus berkomunikasi. Secara dasar protocol dibedakan atas communication protocol, transport protocol dan application protocol.
  • Contoh communication protocol adalah Internet Protocol atau IP, IPX, Netbeui.
  • Contoh transport protocol adalah TCP dan UDP.
  • Contoh Applications protocol adalah FTP, HTTP, HTTPS dan sebagainya.
4.Ditempat pkl saya ingin belajar tentang  MIKROTIK,LINUX,dan ingin diberi tambahan ilmu dari DUDI ilmu yang berhubungan dengan jurusan ataupun ilmu lain.Agar setelah saya selesai PRAKERIN saya dapat berbagi ilmu kepada teman teman yang lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT PRESENTASI POWTOON

CARA INSTALL CACTI DI UBUNTU SERVER 16.04

CARA MUDAH INSTALL WORDPRESS DI LINUX